Perbandingan 3 Oli pada Scorpio

Tadi pada saat cuci motor berbicara motor dan sampailah kepada membahas oli untuk motor, saya bercerita kalau selama ini menggunakan yamalube, kemudian ganti ke BM1 dan ganti lagi ke Castrol magentic. dari ke tiga jenis oli tadi menurut saya ada perbedaan yang secara kasat mata saya rasakan.

Oli yamalube, untuk top speed oli ini cukup baik, cuma kendalanya pada saat pagi hari terasa berat, motor harus sudah panas baru enak jalan dan mindahin gigi pun kadang tersendat. secara garis besar menggunakanf oli yamalube saya merasakan performa mesin yang baik pada saat jalan jauh dengan kecepatan santai antara 80 – 110 Km per jam. mesin agak bising pada saat ngebut dan kalau mesin dingin putaran mesin lambat, menghidupkan di pagi hari harus di pancing dengan tarikan gas

Kemudian Oli BM1, Oli ini saya rasakan lebih enak dari pada yamalube terutama pada saat menghidupkan dipagi hari, karena saat start awal mesin tidak terasa besar sehingga lama pemanasan bisa singkat, tapi kendala yang saya alami adalah top speed yang berkurang dan juga suara mesin yang bising pada saat speed tinggi, pada speed 100 Km perjam mesih seperti dialirkan dengan cairan besi sehingga terdengar aliran yang lumayang terdengar oleh telinga walau menggunakan helm tertutup.

Kemudian saya ganti lagi dengan Oli Castrol magentic, Oli ini memang bagus seperti iklan, dari tampilan botol sampai hasilnya pun baik, pada saat start up pada pagi hari pun enak, langsung ringan dan tidak perlu pemanasan yang lama, sehingga sampai sekarang saya menggunakan oli ini, untuk top speed oli ini pertengahan antara yamalube dengan BM1

Leave a Reply

