Apa sih Google Drive itu, pengertiannya, kegunaan dan fungsinya buat apa? Google Drive adalah layanan berbasis komputasi awan itu dapat digunakan untuk membuat, membagi, mengolaborasikan dan menyimpan data hingga 1 terabite (TB).

Menurut perwakilan Google, Sundar Pichai, Drive memungkinkan pengguna mengunggah dan mengakses berbagai file seperti video, foto, Google Docs dan PDF.

Semua dapat dilakukan. Anda dapat mengakses file dari mana saja. Di rumah, kantor, atau bahkan saat berada jauh dari perangkat anda, dengan media penyimpanan berbasis awan ini.

Menurutnya, Drive dapat digunakan di komputer Mac dan merek lain. Selain itu, Drive juga bisa digunakan di komputer tablet dan ponsel bersistem operasi Android.

Tidak hanya itu, pengguna yang mengalami gangguan penglihatan pun dapat mengakses Drive menggunakan alat pembaca layar (screen reader).

Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 5 Gigabite (GB) dan dapat digunakan gratis. Jika ingin memperbesar kapasitas sebesar 25GB sampai 1TB, pengguna dikenai tarif sebesar USD2,5-USD50 per bulan.

Layanan berbasis komputasi awan milik Google Drive diklaim sebagai yang termurah. Berbeda dengan layanan lain yang telah diluncurkan kompetitor, Google Drive dapat dikolaborasikan dengan aplikasi pengolah kata Google Docs.

Soal harga, layanan Google Drive juga terbilang murah dibandingkan iCloud dari Apple dan Amazon Cloud Drive dari Amazon. Sama seperti iCloud dan Amazon Cloud Drive, Google Drive menyediakan memori gratis berkapasitas 5GB.

Untuk pemakaian memori di atas itu, Google menawarkan harga sebesar USD30 per tahun untuk kapasitas 25GB dan USD60 per tahun untuk 100GB.

Lebih murah ketimbang tarif yang dipatok Apple untuk layanan iCloud, yaitu USD40 per tahun untuk 20GB dan USD100 per tahun untuk 50GB.

Untuk pemakaian sebesar 100GB, harga layanan Google Drive juga lebih murah ketimbang Amazon yang menawarkan tarif sebesar USD100 per tahun.

Download : Google Drive

Sumber : teknokers

About these ads